Home » » Pengertian Zaman Batu

Pengertian Zaman Batu

Written By Coki Siadari on Kamis, 09 Juni 2016 | 23.45.00

Pengertian Zaman Batu | Zaman batu adalah suatu zaman atau masa yang masyarakatnya masih menggunakan peralatan yang terbuat dari batu. Zaman batu dimulai kurang lebih 600.000 SM yang lalu. Peralatan yang digunakan masyarakat pada zaman batu sebagian besar menggunakan bahan dari batu. Alat dari batu ini digunakan untuk mencari serta mengolah makanan dan untuk mempertahankan diri dari serangan binatang buas. Selain dari batu, digunakan juga peralatan dari bahan kayu, tetapi tidak ditemukan fosil karena lapuk dan tidak tahan lama. Pola pikir manusia yang hidup pada zaman batu masih sangat sederhana.

Pengertian Zaman Batu
Dolmen pada Zaman Batu
Zaman batu dibagi menjadi empat periode, yaitu zaman batu tua (palaeolithikum), zaman batu muda (mesolithikum), zaman batu muda (neolithikum), dan zaman batu besar (megalithikum).
  • Zaman Batu Tua (Palaeolithikum): Zaman Batu Tua berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu. Pada zaman batu tua ini alat-alat banyak dibuat dari batu kasar yang tidak diasah dan dihaluskan. Alat-alat dari batu kasar pada zaman batu tua ini antara lain kapak genggam. Kehidupan masyarakat pada zaman batu tua masih sederhana. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka sangat bergantung kepada alam. Tempat tinggal mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tempat yang ditinggali adalah daerah yang subur dan banyak menyediakan bahan makanan, seperti umbi-umbian dan daun . Setelah bahan makanan di tempat tersebut habis, mereka akan pindah mencari tempat lain yang subur dan memiliki persediaan bahan makanan.
  • Zaman Batu Tengah (Mesolitikum): Pada zaman batu tengah, bentuk benda-benda atau alat-alat masih sama dengan zaman batu tua, yaitu tidak diasah, tidak dihaluskan, dan berbentuk kasar. Alat-alat yang dihasilkan pada zaman batu tengah, antara lain kapak genggam dan kapak pendek. Pada zaman batu tengah ini, tempat tinggal masyarakat sudah mulai menetap atau tidak berpindah-pindah. Mereka tinggal di gua-gua, bahkan ada pula masyarakat yang sudah mampu membuat rumah meskipun masih sederhana dengan atap dan dinding saja. Masyarakat pada zaman batu tengah sudah mulai mengenal cara bercocok tanam.
  • Zaman Batu Muda (Neolitikum): Pada zaman batu muda ini alat-alat dibuat dari batu yang sudah diasah atau dihaluskan. Alat-alat dari batu pada zaman batu muda, antara lain kapak persegi dan kapak lonjong. Masyarakat pada zaman batu muda sudah hidup menetap dengan membuat dan menempati rumah-rumah yang terbuat dari kayu, bambu atau daun-daunan. Mereka sudah hidup berkelompok membentuk suatu masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mereka bercocok tanam dengan menggunakan kapak persegi dan kapak lonjong yang digunakan sebagai cangkul.
  • Zaman Batu Besar (Megalitikum): Pada zaman batu besar, banyak dibuat bangunan dari batu-batu yang besar. Batu-batu besar ini masih kasar. Untuk membuat bangunan, batu-batu yang besar itu hanya diratakan saja secara kasar sampai terbentuk bangunan yang dikehendakinya. Bangunan-bangunan pada zaman batu besar ini, antara lain kubur batu, arca, punden berundak-undak, menhir, dolmen, dan peti kubur (sarcopagus).
Sekian uraian tentang Pengertian Zaman Batu, semoga bermanfaat.
  • M.Junaedi Al Anshori. 2010. Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah Sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan. Jakarta: PT Mitra Aksara Panaitan.

0 komentar:

Posting Komentar