Home » » Pengertian dan Contoh Kata Serapan

Pengertian dan Contoh Kata Serapan

Written By Coki Siadari on Rabu, 29 Juni 2016 | 23.40.00

Pengertian dan Contoh Kata Serapan - Apa yang dimaksud dengan kata serapan? Penting diketahui bahwa, setiap bahasa termasuk bahasa Indonesia, mempunyai sifat dinamis karena masyarakat sebagai pengguna bahasa tersebut cenderung akan mengalami perubahan. Bahasa Indonesia terbukti sangat terbuka menerima pembaruan yang dapat menjadikannya sebagai bahasa yang modern dengan adanya proses penyerapan bahasa asing (diluar bahasa Indonesia) ke dalam bahasa Indonesia. Namun, semua perubahan itu harus melewati tahapan proses penyerapan bahasa atau istilah.  Sebagai penjelasan lebih jauh, artikel ini hadir untuk memberikan pengertian tentang kata serapan. Selain itu, akan dijelaskan pula tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh suatu istilah baru, yang akan diserap ke dalam Bahasa Indonesia. Agar lebih lengkap, akan diberikan juga beberapa contoh kata serapan yang tersebut.

Pengertian Kata Serapan

Kata serapan adalah kata dalam bahasa Indonesia yang bersumber/diserap dari bahasa asing untuk keperluan mencari padanan kata yang tepat. Cara pengucapan ataupun cara penulisan kata serapan disesuaikan dengan kaidah-kaidah standar atau baku yang sesuai dengan EYD.  Seluruh proses penyerapan istilah tersebut bisa dilakukan dengan atau tanpa pengubahan, melainkan berupa penyesuaian ejaan atau lafal. Penyerapan  bahasa tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan berikut:
  • Istilah serapan yang dipilih lebih cocok karena konotasinya
  • Istilah serapan yang dipilih lebih singkat jika dibandingkan dengan terjemahan Indonesianya.
  • Istilah serapan yang dipilih dapat mempermudah tercapainya kesepakatan jika istilah Indonesia terlalu banyak sinonimnya.

Contoh Kata Serapan

Berikut ini beberapa contoh kata serapan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Perhatikan istilah-istilah yang diserap, ada berubah dan ada juga yang tetap lafalnya.

contoh kata serapan
Contoh kata serapan

Sekian uraian tentang Pengertian dan Contoh Kata Serapan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar