Home » » Pengertian Uang & Fungsi Uang

Pengertian Uang & Fungsi Uang

Written By Coki Siadari on Selasa, 03 Mei 2016 | 20.46.00

Pengertian Uang & Fungsi Uang – Jawaban tentang apa pengertian uang ; Bagaimana pendapat ahli tentang pengertian uang; apa definisi uang; bagaimana fungsi uang; Apa kegunaan dan fungsi uang.

Pengertian uang menurut Walker (1878) bahwa uang adalah apa yang uang lakukan. Berdasarkan pengertian uang diatas, semua hal dapat dikatakan sebagai uang bila dapat melakukan fungsi uang. Maka dari itu, semua hal seperti cek, giro dan catatan bank lainnya dapat kita katakan uang karena dapat melakukan fungsi uang pula. Oleh karena itu, pengertian uang oleh Walker terlalu lebar.

Pengertian uang menurut Robertson uang adalah komoditas yang digunakan untuk menunjukkan setiap hal (Money is a commodity which used to denote any thing ) yang diterima secara luas di pembayaran untuk barang atau debit kewajiban bisnis lainnya (which is widely accepted in payment for goods or discharge of other business obligations). Berdasarkan pengertian uang oleh Robertson diatas, uang koin atau uang logam dapat dianggap sebagai uang dikarenakan diterima oleh orng banyak.

Pengertian uang oleh Crowther bahwa uang adalah segala sesuatu yang diterima secara umum sebagai sesuatu untuk memberikan nilai tukar dan sekaligus bertindak sebagai tolak ukur dan perpindahan nilai suatu tersebut. Berdasarkan pengertian uang oleh Crowther diatas, sesuatu dapat dikatakan uang apabila memenuhi tiga fungsi dan syarat uang tersebut.

Pengertian uang menurut Seligman bahwa uang adalah satu hal yang memiliki sifat diterima secara universal. Ditambahkan oleh Ely bahwa pengertian uang adalah sesuatu yang dalam masyarakat diterima secara menyeluruh, dan terakhir ditambahkan oleh Marshal bahwa pengertian uang adalah segala sesuatu yang tanpa keraguan menjadi alat tukar berhubungan dengan pembelian atau pembayaran barang dan jasa serta beban biaya. Dari tiga tambahan definisi uang tadi, dapat dikatakan bahwa salah satu syarat dikatakan uang adalah harus diterima secara menyeluruh sebagai alat tukar menukar.
Uang sendiri berasal dari kata moneta (latin) yang menunjukkan kepada Dewi Juno yang di Roma didirikan kuil uang. Sekarang ini, uang dalam bahasa latin digunakan kata "pecunia". Alasannya dikarenakan dahulu kala alat tukar menukar yang digunakan adalah hewan piaraan (Pecunia-Pecus-Cattle-Hewan piaraan).


Fungsi Uang
Fungsi uang dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam fungsi uang yaitu:
  1. Fungsi primer uang
  2. Fungsi sekunder uang
  3. Fungsi kontingen uang
  4. Fungsi lain uang
Fungsi utama uang
Fungsi uang yang utama adalah menjadi 2 bagian yaitu:
i. Fungsi uang sebagai media pertukaran (Medium of Exchange).
ii. Fungsi uang sebagai pengukur nilai (Measure of value).

Penjelasan fungsi uang yang utama
  • Fungsi uang sebagai media pertukaran. Media pertukaran merupakan fungsi utama uang. Seperti yang dijelaskan pada pengertian uang diatas bahwa uang haruslah memiliki kemampuan untuk diterima secara meluas. Dahulu kala, fungsi uang sebagai alat pertukaran dan pembayaran uang dan jasa yang dikenal sebagai sistem barter. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi, sistem barter terbukti sangat sulit dan tidak inkonvenient. Oleh karena itu, untuk mempermudah pembayaran barang dan jasa, hadirlah uang.
  • Fungsi uang sebagai alat ukur nilai. Uang sebagai alat ukur nilai barang dan jasa. Dengan kata lain seluruh barang dan jasa dapat dinilai menggunakan uang. Oleh karena itu, dengan adanya uang, kita dapat membandingkan nilai barang satu dengan barang yang lain. Dikarenakan semuanya dapat dinilai dengan uang, kenaikan dan pergeseran harga dapat dengan mudah ditentukan.
Fungsi sekunder Uang
Fungsi sekunder uang terdiri atas tiga macam fungsi yaitu:
  1. Fungsi uang sebagai alat penyimpan nilai
  2. Fungsi uang sebagai alat perpindahan nilai
  3. Fungsi uang sebagai alat penundaan pembayaran
Penjelasan fungsi sekunder uang:
  1. Uang sebagai alat penyimpanan nilai: Dahulunya kan ada sistem barter. Menyimpan barang terlebih lagi jasa untuk mempertahankan nilai dari benda apalagi jasa tersebut sangat sulit dikarenakan kualitas dari komoditas tersebut. Oleh karena itu, mengalihkan nilai barang tersebut menjadi uang dan menyimpannya lebih memungkinkan.
  2. Fungsi uang sebagai alat perpindahan nilai. Uang seperti yang dijelaskan diatas dapat dikatakan sebagai alat penyimpan nilai serta sekaligus perpindahan nilai suatu komoditas. Dengan adanya uang, suatu barang dapat dipindahkan dengan bentuk nilai barang yang dikonversikan ke uang dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain. Dan bahkan dari satu barang menjadi barang yang berbeda
  3. Fungsi uang sebagai alat penundaan pembayaran. Bahasa kasaranya sih ngutang. Dahulunya ketika sistem barter masih berlaku, ngutang sangat tidak nyaman dan sulit dilakukan, sekarang ini dengan adanya uang, kita dapat melakukan peminjaman atau penundaan pembayaran seperti membeli beras dengan jalan berutang dankemudian besoknya dibayar menggunakan uang.

Fungsi Kontingen Uang
Fungsi kontingen uang adalah fungsi uang yang dirumuskan oleh Prof. Kinely yang berisikan 4 fungsi uang yang sangat cocok untuk negara maju. Fungsi uang tersebut kemudian dikenal sebagai fungsi kontingen uang yaitu:
  1. Uang sebagai dasar perkreditan - Sekarang ini, perkreditan atau peminjaman telah meluas kemana mana,di segala penjuru bisnis. Penggunaan alat alat perkreditan seperti cek, giro, catatan bank dan lainnya telah meningkat terutama di negara negara barat dan Eropa. Harus ditekankan bahwa inilah fungsi uang sebagai dasar dari perkreditan, tidak akan ada sistem kredit bila tidak ada sistem uang.
  2. Fungsi uang dalam meningkatkan mobilitas dan produktivitas modal. Modal dapat ditemukan dalam banyak bentuk akan tetapi, uang merupakan bentuk yang paling bebas dari modal. Modal dalam bentuk uang dapat disimpan dimanapun. Oleh karena likuiditas uang sebagai modal dapat berpindah dari bagian yang kurang produktif ke bagian yang lebih produktif.
  3. Fungsi uang dalam Distribusi Pendapatan Nasional - Dengan adanya uang, produksi yang merupakan gabungan dari berbagai macam faktor produksi khususnya produksi barang dan jasa dalam negara dapat dilakukan secara kolektif sehingga mendatangkan pendapatan nasional dan dikarenakan adanya uang dan pendapatan tersebut dalam bentuk uang maka terjadi distribusi pendapatan nasional itu sendiri.
  4. Penyeimbang dari utilitas marjinal dan produktivitas. Semua orang mengharapkan keamanan terhadapkepuasan maksimun dari pengeluaran mereka. Akan tetapi hal itu hanya akan terjadi bila ada keseimbangan antarakualitas komiditas dan harga barang yang ada. Oleh karena itu dalam menyeimbangkan nilai barang tersebut dan kualitas produktivitas yang ada, uang berperan sangat penting dikarenakan semua barang dihargai menggunakan uang.
Sekian artikel tentang pengertian uang & fungsi uang.


Sumber artikel:
Principles of Money and Banking for intermediate commerce oleh Dr.B.K.Mehta

0 komentar:

Posting Komentar