Pengertian Kompetensi - Kompetensi
adalah karakteristik dasar dari seseorang yang memungkinkan mereka
mengeluarkan kinerja superior dalam pekerjaannya. Menurut Trotter dalam
Saifuddin (2004) mendefinisikan bahwa seorang yang berkompeten adalah
orang yang dengan keterampilannya mengerjakan pekerjaan dengan mudah,
cepat, intuitif dan sangat jarang atau tidak pernah membuat kesalahan.
Boyatzis dalam Hutapea dan Nurianna Thoha (2008) kompetensi
adalah kapasitas yang ada pada seseorang yang bisa membuat orang
tersebut mampu memenuhi apa yang disyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu
organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang
diharapkan.
Websters Ninth New Collegiate Dictionary dalam Sri Lastanti (2005) mendefinisikan kompetensi
adalah ketrampilan dari seorang ahli. Di mana ahli didefinisikan
sebagai seseorang yang memiliki tingkat keterampilan tertentu atau
pengetahuan yang tinggi dalam subyek tertentu yang diperoleh dari
pelatihan dan pengalaman.
Menurut Byars dan Rue (1997) kompetensi
didefinisikan sebagai suatu sifat atau karakteristik yang dibutuhkan
oleh seorang pemegang jabatan agar dapat melaksanakan jabatan dengan
baik, atau juga dapat berarti karakteristik/ciri-ciri seseorang yang
mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian, dan perilaku yang
memungkinkan untuk berkinerja.
memungkinkan untuk berkinerja.
Pertimbangan kebutuhan kompetensi mencakup:
1. Permintaan masa mendatang berkaitan dengan rencana dan tujuan strategis dan operasional organisasi.
2. Mengantisipasi kebutuhan pergantian manajemen dan karyawan.
3. Perubahan pada proses dan teknologi dan peralatan organisasi
4. Evaluasi kompetensi karyawan dalam melaksanakan kegiatan dan proses yang ditetapkan.
2. Mengantisipasi kebutuhan pergantian manajemen dan karyawan.
3. Perubahan pada proses dan teknologi dan peralatan organisasi
4. Evaluasi kompetensi karyawan dalam melaksanakan kegiatan dan proses yang ditetapkan.
Berdasarkan
uraian di atas makna kompetensi mengandung bagian kepribadian yang
mendalam dan melekat pada seseorang dengan perilaku yang dapat
diprediksikan pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan. Prediksi siapa
yang berkinerja baik dan kurang baik dapat diukur dari kriteria atau
standar yang digunakan. Analisa kompetensi disusun sebagian besar untuk
pengembangan karier, tetapi penentuan tingkat kompetensi dibutuhkan
untuk mengetahui efektivas tingkat kinerja yang diharapkan. Menurut
Boulter et.al (1996) level kompetensi adalah sebagai berikut: Skill,
Knowledge, Self-Concept, Self Image, Trait dan Motive.
Sekian uraian tentang Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli.
0 komentar:
Posting Komentar