Home » » Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

Written By Coki Siadari on Jumat, 26 Februari 2016 | 22.56.00

Pengertian Dongeng - Secara umum dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan yang sifatnya hiburan dan biasanya merupakan cerita yang tidak benarbenar terjadi (Kamisa, 1997: 144).

Sedangkan menurut pendapat Agus Triyanto (2007: 46), dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur. Jadi, dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif. 

Menurut Anti Aarne dan Stith Thompson (1992: 86), Dongeng dapat dibedakan menjadi empat menurut jenisnya yaitu :
  • Dongeng binatang (animal tales)
  • Dongeng biasa (ordinary folktales) 
  • Lelucon dan anekdot (jokes and anecdotes)
  • Dongeng berumus (formula tales)
Sedangkan berdasarkan isinya, dongeng dapat dibedakan menjadi lima yaitu fabel (dongeng binatang), legenda (dongeng keajaiban alam), mite (dongeng dewa-dewa dan mahluk halus), sage (dongeng sejarah) dan parabel (dongeng yang mengandung nilai kehidupan). Salah satu cara mengemas dongeng agar menarik dengan mengedepankan audio visual.

Menurut Hariyanti (2000: 30) jenis alur dapat dikelompokkan dengan menggunakan berbagai karakteristik yaitu :
  • Alur maju disebut juga alur kronologis, alur lurus atau alur progresif. Peristiwa-peristiwa ditampilkan secara kronologis, maju, secara runtut dari awal tahap, tengah hingga akhir.
  • Alur mundur disebut juga alur tak kronologis, sorot balik, regresif, atau flash-back. Peristiwa-peristiwa ditampilkan dari tahap akhir atau tengah dan baru kemudian tahap awalnya.
  • Alur Campuran merupakan hasil paduan dari alur maju danalur mundur. Dalam dongeng Swan Lake terdapat alur campuran yaitu konflik, pemunculan masalah, perkenalan, klimaks, antiklimaks dan penyelesaian.

Sekian uraian tentang Pengertian Dongeng, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar