Home » » Pengertian Dan Sejarah Mouse Komputer

Pengertian Dan Sejarah Mouse Komputer

Written By Coki Siadari on Jumat, 26 Februari 2016 | 07.15.00

Pengertian Mouse Komputer - Nama mouse sesungguhnya berasal dari bentuknya yang terlihat menyerupai tikus, dan kabel yang menghubungkan terlihat seperti ekor tikus. Mouse merupakan piranti input yang diperlukan oleh sistem operasi. Baik Windows, Linux, Unix, dll. Mouse adalah perangkat pengendali pergerakan kursor atau pointer pada layar monitor dengan menggerakkan/menggesernya pada permukaan datar. Mouse ini sangat penting dan banyak kegunaanya dalam menjalankan komputer karena mouse ini diibaratkan seperti tangan manusia yang memudahkan untuk menjalankan komputer, walaupun terkadang perintah mouse dapat dikerjakan oleh keyboard.

Jika anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar bergerak dengan arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol, umumnya terdapat 2 tombol, ada juga mouse dengan 3 tombol. Tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada program aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda penggulung (scroll wheel) untuk menggulung dokumen yang panjang.

Adapun istilah dalam mouse sbb: 
  • Klik mouse: Menekan tombol kiri mouse sebanyak 1 kali
  • Double Klik : Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali dengan cepat
  • Drag and Drop: Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali
  • Klik Kanan: Menekan tombol kanan mouse sebanyak 1 kali
  • Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke bawah 
Sejarah Perkembangan Mouse Komputer
Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart dari stanford Research Insitute pada tahun 1963. Sang perancang mouse Douglas Engelbart datang dengan idenya pada awal 1960-an sambil mengeksplorasi interaksi antara manusia dengan komputer di Stanford Research Institute (SRI), California dan pada tahun 1963 Mouse pertama ditemukan . Mouse adalah suatu alat yang terdiri dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse yang awalnya disebut "bug", juga dikembangkan beberapa alat deteksi gerakan tubuh lainnya yang diletakkan di kepala dan dagu. Karena kenyamanan dalam penggunaannya, mouse dipilih dan dikembangkan. Model mouse pertama kali yang dibuat Engelbart didemonstrasikan di Fall Joint Computer Conference (FJCC) di San Francisco. Ketika itu mouse terbuat dari kayu dan memiliki satu tombol. Mouse pertama yang diciptakan berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna mouse dengan satu tangan secara terus menerus, sementara tangan yang lainnya mengperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.

Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari jempolnya, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.


Sekian uraian tentang Pengertian Mouse, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar