Pengertian UML – UML adalah/ UML yaitu/ UML merupakan/ yang dimaksud UML/ arti UML/ definisi UML.
UML disebut juga Unfield Modelling Language yaitu sistem pemodelan/ arsitektur yang bekerja dalam Object Oriented Analysiss and Design (OOAD) dengan bahasa yang konsisten untuk mengkonstruksikan, menentukan, memvisualisasikan dan mendokumentasikan informasi yang dihasilkan dalam proses rekayasa software, informasi tersebut bisa berupa deskripsi, model atau software.
Notasi yang digunakan di UML yaitu
- Actor yaitu bisa berupa orang, objek lain seperti perangkat kras yang berinteraksi dengan sistem.
- Class yaitu kumpulan objek yang mempunyai atribut dan operasi. Objek bisa berupa tempat, orang, benda atau konsep-konsep dalam dunia nyata yang berguna untuk sebuah aplikasi. Klas mempunyai notasi yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu: nama klas, atribut dan operasi. Atribut memakai kata benda yang menggambarkan informasi yang akan disimpan di dalamnya. Sedangkan operasi memakai kata kerja yang menggambarkan apa yang bisa dilakukan objek tersebut.
- Interface yaitu kumpulan dari operasi tanpa implementasi dari sebuah klas.
- Use case yaitu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh aktor dan sistem untuk menggapai tujuan.
- Interaction yaitu dipakai untuk menunjukan alir pesan antar objek.
- Package yaitu sebuah wadah yang dipakai untuk mengelompokkan elemen-elemen dari sistem yang dirancang/ dibangun .
- Note yaitu komentar atau keterangan tambahan pada sebuah elemen sehingga bisa terlampir pada sebuah model.
- Dependency yaitu relasi yang menunjukan perubahan pada sebuah elemen memberi pengaruh kepada elemen yang lainnya.
- Association yaitu navigasi antar klas yang menghubungkan beberapa objek.
- Generalization yaitu menggambarkan hubungan antar elemen dari yang umum ke elemen yang khusus.
- Relalization yaitu menggambarkan hubungan elemen yang ada di bagian tanda panah akan merealisasikan pernyataan elemen yang ada pada bagian tanda panah.
Diagram Grafis UML adalah sebagai berikut
- Use Case Diagram: menjelaskan apa yang akan dilakukan sistem bukan siapa yang akan berinteraksi dengan sistem.
- Class Diagram: menggambarkan hubungan antar clas.
- Behavior Diagram:
1. Statechart Diagram: menunjukan transisi perubahan dari satu keadaan ke keadaan berikutnya.
2. Activity Diagram: menggambarkan aktivitas apa saja yang ada dalam sistem dari awal sampai akhir.
- Interaction Diagram:
1. Squence Diagram: urutan proses secara detail yang dilakukan oleh sistem untuk mencapai tujuan use case.
2. Collaboration Diagram: memberikan gambaran tentang interaksi antar objek namun lebih menekankan pada peranan tiap-tiap objek.
- Implementation Diagram:
1. Component Diagram: memberikan gambaran struktur dan hubungan antar komponen perangkat lunak.
2. Development Diagram: memberikan gambaran dimana komponen akan diletakkan.
Demikian penjelasan tentang pengertian UML yang dapat saya bagikan dalam kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik.
0 komentar:
Posting Komentar